Berikut langkah-langkah kerja skir klep :
1.
Sediakan bubuk gerinda kasar (coarse), bubuk gerinda halus (find grind), slang
plastik 25 cm (untuk memutar klep) yang besarnya disesuaikan dengan diameter
batang klep, alat pembuka pegas klep (tracker), dan bensin seperlunya.
2. Buka kepala silinder dari
dudukannya, letakan di tempat yang longgar agar tidak mengganggu pekerjaan skir
klep.
3. Buka satu per satu
klep dengan tracker, lalu cabut klep dari dudukannya, olesi pinggir permukaan
klep dengan bubuk gerinda kasar. Kemudian masukan kembali klep, sambung ujung
batang klep dengan slang, lalu putar slang berulang-ulang sampai permukaan klep
dan lubang klep halus.
4. Cabut lagi klep,
olesi permukaan klep dengan bubuk gerinda halus, lalu putar slang
berulang-ulang sampai rata. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa kotoran dengan
bensin. Untuk menguji pengerjaan skir, tutupkan klep dengan rapat ke bibir
lubang klep. Tuangkan bensin secukupnya. Bila bensin tak berkurang, berarti
posisi klep dan lubang klep sudah rata.
5. Pekerjaan
selanjutnya mengecek kekuatan per klep. Dengan menggunakan alat tester khusus
Anda dapat mengetahui kekuatan tekan per klep. Jika tekanannya kurang dari yang
diharuskan atau selisihnya mencapai 10% lebih lemah dari tekanan semula, per
harus diganti. Jika tidak, Anda akan menghadapi risiko fungsi klep tidak
sempurna pada putaran mesin tinggi.
6. Setelah semua
pekerjaan usai, jangan lupa mengganti karet perapat oli (oil seal) klep. Setiap
dilakukan skir klep, oil seal pasti rusak dan pasang kembali semua komponen
seperti semula.
“Zaman dulu, sebelum era tahun 70-an,
cara batang putar ini memang dianggap top. Selanjutnya, cara itu masih
sekali-kali dipakai untuk menghilangkan deposit kerak karbon di kepala
silinder. Namun sekarang, skir kepala silinder dengan cara tradisional ini
sudah dianggap kuno dan hasilnya amat tidak memuaskan.”
Artikel terkait;
dasar teori skir klep